Senin, 11 April 2016

Tugas Pert 2

A.    Business Relationship Management

a.       Ruang Lingkup

Manajemen hubungan bisnis (BRM) adalah pendekatan formal untuk pemahaman, mendefinisikan, dan mendukung kegiatan antar-usaha yang terkait dengan jaringan bisnis.

Manajemen hubungan bisnis terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang membina hubungan yang produktif antara organisasi jasa (Sumber Daya Manusiateknologi informasi, departemen keuangan, atau penyedia eksternal) dan mitra bisnis mereka.

BRM berbeda dari manajemen hubungan perusahaan dan manajemen hubungan pelanggan meskipun hal itu berkaitan. Ini adalah ruang lingkup yang lebih besar daripada penghubung yang sejalan kepentingan bisnis dengan TI Penyerahan.

b.      Maksud dan Tujuan

BRM diimplementasikan melalui peran organisasi, disiplin, dan kemampuan organisasi.

·         Sebagai suatu disiplin

Disiplin BRM adalah penelitian berbasis dan telah diverifikasi dan ditingkatkan untuk lebih dari satu dekade. Hal ini digunakan dalam organisasi di seluruh dunia dan berlaku efektif untuk layanan bersama , penyedia layanan eksternal dan lain-lain. Tujuan dari disiplin adalah untuk memungkinkan para pemangku kepentingan untuk mengembangkan, mengevaluasi, dan menggunakan hubungan jaringan bernilai tinggi.

·         Sebagai peran organisasi

BRM berperan sebagai organisasi dalam hubungan antara penyedia layanan dan bisnis. BRM bertindak sebagai penghubung, orkestra, dan navigator antara penyedia layanan dan satu atau unit bisnis yang lebih.

·         Sebagai model

Salah satu tujuan dari BRM adalah untuk menyediakan model lengkap hubungan bisnis dan nilai mereka dari waktu ke waktu, untuk membuat berbagai aspek mereka baik eksplisit dan terukur. Sebuah model BRM dewasa pada akhirnya akan mendukung bisnis strategis penelitian dan pengembangan usaha serta alat-alat dan teknik yang menerapkan prinsip-prinsip BRM.

c.       Prinsip Umum

BRM mengharuskan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dapat diidentifikasi dan diukur. Mengingat model, seseorang harus mampu mengidentifikasi hubungan bisnis yang mereka terlibat dalam, dan mengukur mereka dalam hal seperti kuantitas atau durasi. Hal yang sama berlaku untuk setiap aspek BRM, seperti jenis, peran, atau prinsip. Setiap hubungan bisnis memiliki tujuan yang memerlukan partisipasi dari peran ganda untuk mencapai. Tujuan dari hubungan bisnis yang diberikan adalah diskrit dan terukur.

d.      Peran
Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini, keberhasilan perusahaan semakin tergantung pada kemampuan untuk membina hubungan yang produktif antara organisasi. Karena BRM sendiri sebagai penghubung, orkestra, dan navigator antara penyedia layanan dan satu atau unit bisnis yang lebih.

e.       Hubungan dengan Proses Manajemen Layanan lainnya

BRM adalah penghubung antara TI dan bisnis. BRM memiliki pengetahuan yang signifikan yang berkaitan dengan TI dan bisnis. BRM bertanggung jawab untuk memahami bisnis, membantu dalam prioritas proyek, memastikan bahwa proyek menyelaraskan dengan teknologi yang terbaik dan memberikan hasil maksimal atas investasi, serat strategi TI dalam mendukung strategi bisnis secara keseluruhan.

B.     Managemen Keuangan untuk Layanan TI

a.       Ruang Lingkup

Seorang manajer keuangan dalam suatu perusahaan harus mengetahui bagaimana mengelola segala unsur dan segi keuangan, hal ini wajib dilakukan karena keuangan merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuanperusahaan.

Sebab itu, seorang manajer keuangan harus mampu mengetahui segala aktivitas manajemen keuangan, khususnya penganalisisan sumber dana dan penggunaan-nya untuk merealisasikan keuntungan maksimum bagi perusahaan tersebut. Seorang manajer keuangan harus memahami arus peredaran uang baik eksternal maupun internal.

b.      Maksud dan Tujuan

Tujuan Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saatperusahaan dijual, maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin. Seorang manajer juga harus mampu menekan arus peredaran uang agar terhindar dari tindakan yang tidak diinginkan.

C.     Layanan TI Manajemen Kontinuitas

a.       Ruang Lingkup

Manajemen Kontinuitas merupakan tentang membangun dan meningkatkan ketahanan dalam bisnis dalam mengidentifikasi produk utama maupun jasa dan kegiatan yang paling mendesak yang mendukung perencana dan strategi yang akan memungkinkan untuk melanjutkan operasi bisnis yang efektif dari semua jenis gangguan apapun.

b.      Maksud dan Tujuan

IT Service Continuity Management ( ITSCM ) bertujuan untuk mengelola risiko yang serius yang dapat mempengaruhi layanan TI. ITSCM memastikan bahwa penyedia layanan TI harus dapat mengurangi resiko dari masalah untuk tingkatan tertentu.


D.    Manajemen Keamanan Informasi & Manajemen Akses

a.       Kebijakan Keamanan Informasi

Suatu kebijakan keamanan harus diterapkan untuk mengarahkan keseluruhan program. Perusahaan dapat menerapkan keamanan dengan pendekatan yang bertahap, diantaranya:

Ø  Fase 1:
Inisiasi Proyek. Membentuk sebuah tim untuk mengawas proyek kebijakan keamanan tersebut.

Ø  Fase 2:
Penyusunan Kebijakan. Berkonsultasi dengan semua pihak yang berminat dan terpengaruh.

Ø  Fase 3:
Konsultasi dan persetujuan.Berkonsultasi dengan manajemen untuk mendapatkan pandangan mengenai berbagai persyaratan kebijakan.

Ø  Fase 4:
Kesadaran dan edukasi.Melaksanakan program pelatihan kesadaran dan edukasi dalam unit-unit organisasi.

Ø  Fase 5:
Penyebarluasan Kebijakan. Kebijakan ini disebarluaskan ke seluruh unit organisasi dimana kebijakan tersebut dapat diterapkan.


b.      Sistem Manajemen Keamanan Informasi

Sistem manajemen keamanan informasi merupakan aktivitas untuk menjaga agar sumber daya informasi tetap aman. Manajemen tidak hanya diharapkan untuk menjaga  sumber daya informasi aman, namun juga diharapkan untuk menjaga perusahaan tersebut agar tetap berfungsi setelah suatu bencana atau jebolnya sistem keamanan.

c.       Fasilitas Manajemen Kontrol Akses Fisik

1.   Confidentiality (kerahasiaan) aspek yang menjamin kerahasiaan data atau informasi, memastikan bahwa informasi hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang dan menjamin kerahasiaan data yang dikirim, diterima dan disimpan.

2.   Integrity (integritas) aspek yang menjamin bahwa data tidak dirubah tanpa ada ijin fihak yang berwenang (authorized), menjaga keakuratan dan keutuhan informasi serta metode prosesnya untuk menjamin aspek integrity ini.

3.  Availability (ketersediaan) aspek yang menjamin bahwa data akan tersedia saat dibutuhkan, memastikan user yang berhak dapat menggunakan informasi dan perangkat terkait (aset yang berhubungan bilamana diperlukan).

Keamanan informasi diperoleh dengan mengimplementasi seperangkat alat kontrol yang layak, yang dapat berupa kebijakan-kebijakan, praktek-praktek, prosedur-prosedur, struktur-struktur organisasi dan piranti lunak.


 Refrensi : 
                
 https://en.wikipedia.org/wiki/Business_relationship_management
 http://it.toolbox.com/wiki/index.php/Business_Relationship_Manager
 https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_keuangan
 http://www.thebci.org/index.php/resources/what-is-business-continuity
 http://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/IT_Service_Continuity_Management
 http://megyanggraini.blogspot.co.id/2013/07/sistem-informasi-manajemen-keamanan.html
 https://idadwiw.wordpress.com/2013/12/26/pentingnya-manajemen-kontrol-keamanan-pada-sistem/  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar